Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Peraturan Resmi Pertandingan Sepak Takraw Terbaru

Peraturan Resmi Pertandingan Sepak Takraw Terbaru. Olahraga sepak takraw merupakan salah satu olahraga permainan yang berasal dari Indonesia dan sudah populer sejak tahun 90-an. Namun perkembanan dan reputasi dari olahraga ini kian hari semakin menurun dan kurang diminati karena mungkin terlihat sulit dan tergolng ekstrim. Bentuk permainan sepak takraw ini lebih mirip dengan bola voli, namun menggunakan kaki saja. Nah, berbicara mengenai olahraga ini, tentu saja tidak menarik jika tidak membahas peraturannya. Untuk peraturan di sepak takraw sendiri harus meliputi seluruh aspek mulai dari ukuran lapangan, sistem perhitungan angka, ukuran net, bola dan dalam tekniknya. Lalu apa saja peratuan baru dari sepak takraw ini?
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/04/peraturan-pertandingan-sepak-takraw.html

Berikut ini beberapa peraturan baru daru sepak takraw dari beberapa aspek:
Dari Aspek Lapangan
Ukuran dari lapangan sepak takraw ini adalah 13,40 meter x 6,10 meter, dan biasanya permainan ini dimainkan di dalam ruangan dengan tinggi atap minimal 8 meter. Untuk garis lapangan di sepak takraw harus berukuran selebar 4 cm.

Ukuran Net
Untuk ukuran net atau tinggi net dari permainan putra dan putrid berbeda. Untuk permainan putra tinggi net sebesar 1,55 meter di daerah pinggit dan untuk daerah tengahnya minimal 1,52 meter. Sedangkan untuk permainan putrid, tinggi net sebesar 1,45 meter dipinggir dan minimal 1,42 di bagian tengahnya. Untuk tiangnya sendiri memiiki ukuran lebuh tinggi sekitar 30 cm dari garis pinggir. Untuk net sendiri terbuat dari tali atau nilon dan setiap lubangnya memiliki lebar sebesar 6-8 cm. Panjang dari net atau jaring adalah 6,10 meter dengan lebar 70 cm.

Peraturan untuk Bola

Bola sepak takraw bisa terbuat dari plastik atau anyaman rotan dengan ukuran lingkar 42-44cm untuk permainan putra sedangkan untuk putri sebesar 43-45 cm. Untuk berat bola seberat 170 -180 gram untuk permainan putra, dan untuk putrid seberat 150 – 160 gram.

Dari Segi Pemain
Dalam permainan sepak takraw setiap regu terdiri dari 4 orang pemain terdiri dari 3 pemain inti dan 1 pemain cadangan. Komposisi pemain terdiri dari tekong, apit kanan, dan apit kiri, untuk pemain tekong memiliki tugas untuk servis atau penyepak untuk bisa memulai permainan. Sedangkan untuk apit kanan dan kiri memiliki tugas memberi umpan kepada tekong.
Dari Segi Pengaturan Skor
Dalam permainan sepak takraw apabila penerima servis melakukan satu kesalahan maka itu bisa memberikan angka bagi lawan. Untuk angka kemenangan setiap game adalah 15 angka, dan jika dalam posisi angka sama seperti 14-14 maka regu yang memperoleh angka 16 terlebih dahulu lah yang menjadi pemenang. Regu bisa dikatakan pemenang jika sudah memenangkan 2 set, dan setiap regu berhak mengambil servis awalan sebanyak 3 kali, dan untuk perhitungan angka menggunakan sistem rally poin.
Itulah beberapa peraturan baru dari sepak takraw yang bisa Anda pahami. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat untuk Anda. Baca juga "macam-macam teknik dasar dalam olahraga sepak takraw" dan "badan induk organisasi sepak takraw".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peraturan Resmi Pertandingan Sepak Takraw Terbaru

1 comments:

  1. Dalam permainan poker dan domino 99 online membutuhkan banyak strategi untuk menang,
    memanfaatkan kartu bagus, ronde, waktu, taktik mengertak dan menipu lawan anda.
    seperti dalam semua varian poker, setiap individu bersaing untuk sejumlah uang atau chip yang diberikan oleh para pemain,
    dengan proses pembagian kartu secara acak. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete