Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Peraturan Permainan Sepak Bola Terbaru Menurut FIFA

Peraturan Permainan Sepak Bola Terbaru Menurut FIFA. Sepak bola, siapa yang tidak mengenal permainan ini? Seluruh penjuru dunia mengenal dan tahu akan pertandingan sepak bola. Satu cabang olahraga di dunia yang memiliki satu organisasi induk bernama FIFA, dan dalam perjalanannya tidak luput dar berbagai persoalan. Sebagai satu organisasi besar yang secara langsung memantau sepak bola di seluruh negara, FIFA ternyata membuat peraturan yang mengatur sepak bola dunia. Lalu apa saja peraturan terbaru daru FIFA?
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/04/peraturan-permainan-sepak-bola-menurut-fifa.html

Berikut ini beberapa peraturan baru daru FIFA:
Pasal 1 Mengenai Lapangan Pertadingan
Disebutkan bahwa lapangan sepak bola harus berbentuk persegi panjang dengan ditandai dengan garis. Untuk garis samping harus lebih panjang dari garis gawang.  Sedangkan untuk ukuran panjang lapangan harus 100 -110 meter dan lebarnya sepanjang 64 -75 meter. Dalam satu lapangan harus terbagi menjadi dua bagian dengan garis tengah sepanjang 9,15 meter. Untuk daerah gawang harus berukuran 5,5 meter dan untuk kotak penalty berukuran 16,5 meter dengan jarak titik putih pinalti sejauh 11 menter dari garis gawang.
 
Pasal 2 Mengenai Bola
Dalam sepak bola, alat sepak atau bola harus berbentuk bulat dan bisa terbuat dari kulit atau bahan lainnya. Diameter bola tidak boleh melebihi 70cm dan tidak kurang dari 68 cm. berat bola harus sebesar 410 – 450 gram dengan tekanan udara 0,6 – 1,1 atm.
 
Pasal 3 Mengenai Jumlah Pemain
Satu tim dalam permainan sepak bola harus terdiri dari 11 pemain sudah termasuk penjaga gawang. Permainan akan otomatis berhenti jika jumlah pemain dalam 1 tim kurang dari 7 orang.
 
Pasal 4 Mengenai Perlengkapan Pemain
Disebutkan dalam peraturan FIFA dimana untuk perlengkapan utama seorang pemain adalah kaos olahraga, celana pendek, pelindung tulang kering, sepatu, dan kaos kaki. Kaos yang digunakan harus seragam dalam satu tim dan tidak boleh menyamai seragam lawan dari segi warna dan desainnya.
 
Pasal 5 Mengenai Wasit
Pertandingan sepak bola dipimpin oleh seorang wasit dan kewenangannya bersifat mutlak. Peran wasit sangat krusial dimana harus memberikan tindakan tegas untuk setiap pelanggaran.
 
Pasal 6 Untuk Asisten Wasit
Dalam permainan sepak bola, peran wasit dibantu dengan 2 orang asisten wasit atau biasa disebut dengan hakim garis. Fungsi dari 2 asisten tersebut adalah untuk mengawasi jalannya pertandingan sesuai dengan peraturan.
 
Pasal 7 Mengenai Durasi Pertandingan
Dalam satu pertandingan sepak bola harus berdurasi 90 menit dan dalam satu babak berdurasi 45 menit. Untuk waktu istirahat sebanyak 15 menit.
 
Pasal 8 Kick Off
Untuk kick off dilakukan pada awal pertandingan sebagai pertanda dimulainya permainan dan setelah terjadi gol.
Itulah tadi beberapa peraturan baru dari FIFA untuk mengatur pertandingan sepak bola agar lebih aman dan teratur. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat untuk Anda. Baca juga "sejarah perkembangan sepak bola" dan "ukuran lapangan sepak bola standar internasional beserta gambarnya".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peraturan Permainan Sepak Bola Terbaru Menurut FIFA

1 comments:

  1. Dalam permainan poker dan domino 99 online membutuhkan banyak strategi untuk menang,
    memanfaatkan kartu bagus, ronde, waktu, taktik mengertak dan menipu lawan anda.
    seperti dalam semua varian poker, setiap individu bersaing untuk sejumlah uang atau chip yang diberikan oleh para pemain,
    dengan proses pembagian kartu secara acak. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete