Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Teknik Dasar Cara Memegang Raket Bulutangkis yang Baik dan Benar

Teknik Dasar Cara Memegang Raket Bulutangkis yang Baik dan Benar. Semua orang mengetahui olahraga bulutangkis karena olahraga ini termasuk permainan yang populer di dunia. Di Indonesia sendiri olahraga badminton ini memiliki jutaan fans dan dapat dimainkan oleh semua kalangan. Untuk memainkan olahraga ini memerlukan keahlian khusus salah satunya yakni cara memegang raket atau grip. Memegang raket dengan sempurna akan memudahkan Anda untuk mengarahkan pukulan. Lalu bagaimana teknik dasar dalam memegang raket bulutangkis?

Berikut ini bebeapa teknik memegang raket atau grip yang benar:

American Grip
Salah satu cara dalam memegang raket bernama American Grip atau dikenal dengan nama gebuk kasur. Untuk melakukan genggaman ini caranya dimulai dengan meletakkan raket di lantai lalu ambil dan genggam pada bagian ujung atau tangkai. Genggaman raket American grip lebih mirip pada saat Anda memegang pemukul kasur. Bagian tangan antara ibu kari dan kari telunjuk menempel pada permukaan tangkai yang luas. Cara memegang raket ala American grip ini biasanya digunakan untuk pukulan depan net dan smash. Pemain yang menggunakan cara ini akan mudah dalam mengarahkan bola dengan pukulan yang keras. Tetapi cara memegang raket ala American grip ini kurang efektif untuk pukulan backhand.
 
Pegangan Kombinasi
Cara memegang raket kombinasi terbilang fleksibel karena menyesuaikan dengan datangnya bola dan jenis pukulan. Pada umumnya cara kombinasi ini adalah campuran dari forehand grip dan backhand grip. Nantinya bentuk dari pegangan ini menyerupai tangan yang sedang berjabat tangan.
 
Pegangan Backhand
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/04/cara-memegang-raket-bulutangkis.html 
Untuk melakukan pegangan backhand ini cukup mudah yakni dengan memutar raket seperempat putaran kea rah kiri, sehingga posisi ibu jari sedikit lebih dekat dengan daun raket. Keuntungan dari cara memegang backhand ini adalah bisa menghasilkan pukulan yang tidak terduga.
 





Pegangan Forehand
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/04/cara-memegang-raket-bulutangkis.htmlDalam melakukan pegangan forehand memegang raket dengan tangan antara ibu jari dengan jari telunjuk bisa menempel pada bagian tangkai yang sempit. Dalam memegang raket harus kosisten atau statis, dan ada yang harus diperhatikan yakni posisi ibu jari tidak melebihi dan kurang dari jari telunjuk. Ada beberapa keuntungan dalam memegang forehand diantaranya :

1. Posisi pegangan pada raket terlihat sempurna dan menyeluruh jadi terasa lebih kuat dan tidak gampang lepas.
2. Semakin memudahkan pemain untuk melakukan gerakan pukulan dengan cermat, cepat, dank eras.
3. Pemain tidak perlu bersusah payah untuk memutar pegangan, cukup dengan menempatkan posisi raket saja.
 
Itulah tadi beberapa cara dalam memegang raket atau grip dengan benar. Nantinya jika Anda memegang raket dengan benar maka Anda bisa dengan mudah mengendalikan dan mengantisipasi bola yang datang. Bagi pemain profesional tentu sudah tidak sulit untuk memegang raket dan mereka bisa merubah pegangan sesuai dengan kondisi di lapangan. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda. Baca juga "macam-macam teknik dasar olahraga badminton" dan "tips memilih raket bulutangkis yang baik".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknik Dasar Cara Memegang Raket Bulutangkis yang Baik dan Benar

0 comments:

Post a Comment