Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Peraturan Permainan Bola Voli Pantai

Peraturan Permainan Bola Voli Pantai. Salah satu cabang olahraga yang saat ini masih menjadi trend adalah voli pantai. Tentu Anda sudah pernah melihat pertandingan voli pantai yang tidak kalah seru dari voli pantai pada umumnya. Sekedar mengulas kembali, permainan voli pantai ini dimainkan oleh empat orang dan masing-masing bagian lapangan terdiri dari dua orang. Pemain berusaha memukul bola melewati jaring atau net ke daerah lawan untuk bisa meraih angka. Tidak berbeda dari cabang olahraga lainnya, voli pantai ini memiliki beberapa aturan yang harus ditaati. Lalu apa saja peraturan tersebut, berikut ulasannya.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2016/03/peraturan-permainan-bola-voli-pantai.html

Berikut ini beberapa peraturan untuk permainan voli pantai:
  1. Permainan bola voli pantai tidak ada pergantian pemain, jadi dari set awal hingga akhir hanya dilakukan oleh dua orang dan tidak ada time out. 
  2. Dalam permainan bola voli, jika salah satu pemain terpaksa menyeberang ke area lawan melewati bawah jaring maka tidak dinyatakan sebagai satu pelanggaran selama tidak mengganggu gerakan lawan.  
  3. Setiap tim akan mendapat poin jika salah satu pemain melakukan blocking dan membentur net hingga terjadi kontak dengan blocker maka kontak tersebut akan dianggap sebagai satu poin.  
  4. Penghitungan poin di dalam permainan voli pantai menggunakan istilah Open hand dinks yakni mengoper bola ke daerah lawan dengan memakai ujung jari. Teknik mengoper bola memakai jari tangan dianggap tidak sah dalam permainan voli pantai. 
  5. Setiap pemain di permainan voli pantai bisa dengan leluasa berpindah posisi dari depan ke belakang atau sebaliknya tidak terikat peran masing-masing. 
  6. Untuk melakukan servis pada permulaan voli pantai dilakukan secara bergantian tanpa memerlukan putaran pemain. 
  7. Dalam permainan voli pantai tidak ada pemberian tugas atau peran seperti libero pada voli indoor. Untuk voli pantai setiap pemain bisa bebas melakukan smash, blocking, dan umpan sesuai dengan keadaan. 
  8. Ada ciri khas dari permainan bola voli pantai ini yakni setiap pemain tidak mengenakan sepatu seperti di voli indoor, dan mengenakan kacamata untuk menghidarkan pasir masuk ke mata. 
  9. Tim yang menjadi juara adalah yang sudah memenangkan 2 set dari tiga set yang telah dijalani. Perolehan poin dari setiap set harus mencapai angka 21, dan untuk set ketiga hanya sampai 15 poin saja.  
  10. Mengenai kostum atau seragam untuk voli pantai untuk wanita memakai dua tipe yakni two piece bikini dan full body suit atau pakaian tertutup, sedangkan untuk pria bisa tanpa pakaian atau menggunakan pakaian dan celana pendek.  
  11. Setiap pemain diperbolehkan menggunakan kode tangan untuk memulai strategi permaianan. Biasanya kode strategi tersebut ditunjukkan di belakang punggung pemain dan tidak terlihat oleh pihak lawan.
Itulah ulasan mengenai peraturan permainan bola voli pantai yang bisa Anda perhatikan, semoga dapat memberikan informasi yang berguna. Baca juga "sejarah singkat perkembangan olahraga voli pantai".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peraturan Permainan Bola Voli Pantai

0 comments:

Post a Comment