Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Ukuran Standar Lapangan Tenis Lapangan Lengkap Beserta Gambarnya

Ukuran Standar Lapangan Tenis Lapangan Lengkap Beserta Gambarnya. Meski merupakan salah satu olah raga kuno, tak dapat dipungkiri bahwa permainan tenis lapangan masih banyak diminati hingga saat ini. Di Indonesia, permainan ini juga amat digemari setelah permainan bulu tangkis yang lebih banyak dilakukan. Permainan ini berkembang di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Karena permainan ini sudah menjadi olah raga yang mendunia, maka terdapat standart resmi perihal komponen-komponennya. Ada sejumlah standart resmi intermasional yang ditetapkan dalam pertandingan tenis lapangan, diantaranya ialah aturan permainan, aturan skor, termasuk ukuran lapangan, bola, raket dan lainnya. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran lapangan tenis lapangan yang biasa digunakan sebagai pertandingan maupun sekedar permainan.
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/ukuran-standar-lapangan-tenis-lapangan.html

Lapangan tenis haruslah rata dan memenuhi standar ukuran internasional, yakni sebesar 23,78 meter yang dibagi dua bagian sama panjang dengan dipisah oleh net atau jaring. Lebar lapangan permainan tunggal adalah  8,23 m. Sedangkan permainan ganda, ditambah alley 1,37 m pada kedua sisinya. Garis lapangan harus memiliki ketebalan tertentu, yaitu 1 – 2 inchi atau 25,4 – 50,8 mm. Khusus pada garis baseline, maka kiri dan kanan sama panjang.  Di dalam lapangan tenis lapangan juga terdapat area pantul sebesar 6,40 m2.
Lebih detalilnya, standart ukuran lapangan tenis lapangan diantaranya:
  • Panjang lapangan sebesar 23,77 meter 
  • Lebar lapangan sebesar 10,97 meter
  • Jarak garis servis dari garis net sebesar 6,40 meter
  • Jarak garis pinggir permainan tunggal dari garis pinggir lapangan sebesar 1,37 meter
  • Jarak tiang net permainan tunggal sebesar  0,914 meter dari garis pinggir permainan tunggal
  • Jarak tiang net permainan ganda sebesar 0,914 dari garis pinggir lapangan
  • Tinggi net bagian ujung sebesar 1,07
  • Tinggi tiang net sebesar 1,07
  • Tinggi net tengah sebesar 0,914
  • Panjang ruangan sebesar 36,7 meter
  • Lebar ruangan sebesar 18,3 meter
Net, raket dan bola juga memiliki standart yang resmi.
  • Net bagian tengahmemiliki ukuran 0,914 meter, dan bagian pinggir setingginya 1,07 meter. 
  • Bola berdiameter 6,541 cm hingga 6,858 cm. Berat bola tenis sesuai standarnya yaitu 56,0 - 59,4 gram.
  • Raket tenis sesuai standarnya memiliki panjang 29 inchi atau  73,66 cm dan lebar 12,5 inchi atau 31,75 cm.
Pada bagian tengah net atau jaring terdapat tali untuk memastikan tengah net lebih rendah dari bagian pinggir. Bentuk dan ukuran lapangan tenis lapangan yang sekarang adalah hasil dari Walter Cloppton Wingfield di tahun 1873 dan telah dipatenkan dua tahun setelahnya yakni 1875.
Nah, itu tadi pembahasan seputar ukuran lapangan, net, bola dan juga raket tenis lapangan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Lihat juga artikel sebelumnya "peraturan permainan tenis lapangan lengkap" dan "teknik dasar pukulan dalam tenis lapangan".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ukuran Standar Lapangan Tenis Lapangan Lengkap Beserta Gambarnya

1 comments:

  1. selamat pagi, bilamana bpk memerlukan rubber crumb untuk lapangan futsal, lapangan basket, lapangan tenis atau sarana olah raga..mohon kontak kami..http://goo.gl/3esSmU
    atau kontak wa di 082132385982

    ReplyDelete