Tutorial olahraga modern, tutorial sepak bola, tutorial bola basket, tutorial bola voli, bulutangkis, sofbol, tenis, sepak takraw, renang, senam, atletik, dll..

Peraturan Olahraga Tenis Lapangan Lengkap

Peraturan Olahraga Tenis Lapangan Lengkap. Tenis lapangan merupakan salah satu jenis permainan yang menggunakan raket dan bola.  Permainan ini telah lama berkembang di Amerika Serikat dan memiliki standar resmi yang telah ditentukan. Ada beberapa aturan yang telah ditetapkan sebagai standar internasional dalam permainan teknis lapangan, diantaranya sebagai berikut:
http://olahraga-modern.blogspot.com/2015/12/peraturan-olahraga-tenis-lapangan.html

Raket
Raket tenis harus memenuhi standar, yakni panjang 29 inchi atau  73,66 cm dan lebar 12,5 inchi atau 31,75 cm. Raket juga harus memilliki arel pukul berupa senar yang rata. Di samping itu, raket memang sangat penting karena dalam permainan tenis tidakdiperkenankan memukul bola dengan alat lain, termasuk anggota tubuh.
Net
Beda antara tinggi pinggir net dengan bagian tengah. Pada bagian tengah, ukuran lebih pendek yakni kurang lebih 0,914 meter. Sedangkan bagian pinggir tingginya adalah 1,07 meter. Pada bagian tengah terdapat tali untuk memastikan tengah net lebih rendah dari bagian pinggir.
Bola tenis lapangan
Bola yang digunakan untuk permainan tenis ialah bola karet berlapis bulu optik. Diameter bola 6,541 cm hingga 6,858 cm. Berat bola tenis sesuai standarnya 56,0 - 59,4 gram.
Lapangan
Lapangan tenis haruslah rata dan memenuhi standar ukuran internasional sebesar 23,78 meter yang dibagi dua bagian sama panjang. Lebar lapangan permainan tunggal adalah  8,23 m. Sedangkan permainan ganda, ditambah alley 1,37 m pada kedua sisinya. Garis lapangan harus memiliki ketebalan tertentu, yaitu 1 – 2 inchi atau 25,4 – 50,8 mm. Khusus pada garis baseline, maka kiri dan kanan sama panjang.  Dalam lapangan terdapat area pantul sebesar 6,40 m2.
Aturan Permainan
  • Saat memukul bola, bola harus memantul satu kali di daerah sendiri. Bila bola memantul lebih dari satu kali, hal itu akan menambah poin lawan. Diperbolehkan memukul tanpa perlu menunggu bola memantul 
  • Bola dapat dinyatakan masuk bila mampu melewati net dan tanpa memantul di daerah sendiri. Bola dinyatakan keluar jika jatuh di luar lapangan atau tidak menyentuh garis sama sekali. 
  • Serve (pukulan pertama) dapat dilakukan di area pantul dalam lapangan. Serve dan reserver (yang menerima bola) harus berbeda kotak. Maka apabila serve dilakukan di kotak sebelah kiri, reserver harus berada di kotak sebelah kanan.
Perhitungan Skor
Saat mencetak poin, pemain tidak langsung mendapat 1 game. 1 game didapat setelah mencetak beberapa poin terlebih dulu (dinamakan poin kecil).
Poin kecil dimulai dari angka 0-0. Jika pemain mencetak poin, maka skor akan menjadi 15-0, poin selanjutnya akan menjadi 30-0 dan poin selanjutnya lagi akan menjadi 40-0.
Deuce dilakukan jika skor kedua pemain sama kuat, yakni 40-40.
Selama satu permainan, pemain harus memenangkan 6 game dan akan dianggap memenangkan pertandingan apabila skor 6-0.
Jika permainan sama kuatnya, yakni 6-6 maka diadakan game ke-7 dan dilakukan poin kecil tie-break menggunakan skor kecil 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7.

Semoga bermanfaat, baca juga "ukuran standar lapangan tenis lapangan beserta gambarnya" dan "jenis-jenis teknik dasar pukulan yang ada dalam permainan tenis lapangan".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peraturan Olahraga Tenis Lapangan Lengkap

0 comments:

Post a Comment